Manfaat Kolagen bagi Kesehatan

Protein kolagen adalah protein kulit vital yang memberi struktur pada kulit kita. Ketika Anda masih muda, tubuh Anda memiliki kelimpahan, itulah sebabnya kulit yang lebih muda begitu halus dan kenyal.

Namun, seiring bertambahnya usia tubuh Anda, berhenti memproduksi protein vital ini. Ini menyebabkan garis-garis, kerutan dan kulit kendur berkembang. Jadi, protein kolagen sangat penting bagi kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Kulit manusia itu unik dan berharga. Tidak ada yang seperti itu di mana pun. Protein kolagen dan protein elastin adalah dua elemen penting yang membentuk kulit manusia.

Tanpa mereka, kulit menjadi lemas, kendur, berkerut dan tak bernyawa. Jika kita ingin merawat kulit kita secara efektif, kita harus melakukan apa pun untuk mendukung produksi protein elastin dan kolagen.

Jika produk perawatan kulit memang mengandung kolagen murni, itu tidak akan memberikan manfaat apa pun. Itu tidak bisa. Molekul kolagen terlalu besar untuk diserap ke dalam kulit. Ini mungkin membantu permukaan kulit dengan beberapa masalah, tetapi itu tidak akan membantu meningkatkan kadar kolagen kulit Anda.

Dengan kata lain, itu tidak akan membantu dengan kulit keriput, kendur, atau masalah lain yang terkait dengan protein elastin atau kolagen.

 

Cara Meningkatkan Kolagen Protein

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun kolagen di tubuh Anda:

  • Makan dengan benar

Inilah cara menghasilkan protein kolagen secara alami di dalam tubuh. Makan lebih banyak makanan kaya protein dan pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin C.

Banyak “dokter diet” merekomendasikan ikan, terutama salmon, untuk meningkatkan kekencangan kulit dan mengurangi keriput. Tapi, tanpa vitamin C, serat elastis akan lemah. Jika Anda bukan pemakan buah besar, pastikan untuk mengambil suplemen seperti mcoll collagen candy

  • Makanan Penguat Kolagen

Berikut adalah beberapa makanan terbaik yang mengandung kolagen, atau membantu tubuh Anda memproduksi dan memanfaatkan kolagen secara lebih efisien:

  • Sayuran Hijau Tua – Sayuran hijau gelap seperti kangkung dan bayam kaya akan vitamin C dan membantu meningkatkan produksi kolagen. Antioksidan yang ditemukan dalam sayuran hijau gelap juga membantu melindungi dari kerusakan oksidatif dan dapat menjaga kolagen kuat dan sehat.
  • Sayuran Jeruk – Sayuran berwarna oranye seperti kentang dan wortel adalah sumber vitamin A yang bagus, yang dapat memulihkan dan meregenerasi kolagen yang rusak.
  • Berry – Berry tidak hanya membantu mengurangi radikal bebas, tetapi mereka juga merangsang produksi kolagen.
  • Teh Putih – Teh putih telah terbukti melindungi protein kolagen. Diyakini bahwa polifenol dalam teh putih menghambat aktivitas enzim tertentu yang memecah kolagen.
  • Bawang putih – Sumber sulfur yang bagus, yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.
  • Kualitas Protein – Mengkonsumsi makanan kaya protein berkualitas akan memberikan tubuh Anda blok pembangun dasar penting dari kolagen.
  • Kolagen meningkatkan infografis makanan

 

Suplemen Kolagen

  • Berikut adalah beberapa cara menggabungkan kolagen ke dalam makanan Anda.
  • Pil Collagen, Tablet, dan Kapsul

Mengonsumsi suplemen kolagen dalam bentuk pil, tablet, atau kapsul mungkin merupakan cara termudah dan paling nyaman untuk memasukkan lebih banyak kolagen ke dalam hidup Anda.

  • Kolagen kunyah (Permen)

Ini jelas merupakan cara terlezat untuk mendapatkan lebih banyak kolagen. Ini seperti permen dengan banyak  manfaat. dan kamu bisa membelinya disini

 

Suplemen Nutrisi dengan Manfaat Terbukti

Vitamin C bukan satu-satunya suplemen yang penting bagi kesehatan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan meningkatkan kekencangan kulit sebesar 10% selama tiga bulan.

Suplemen yang mengandung protein ikan dan kedelai telah terbukti memperbaiki struktur dan kekencangan kulit.

Krim Bergizi

Setelah penerapan krim yang mengandung keratin bioaktif, sejenis protein lain, para peneliti telah melihat peningkatan 40% dalam kekencangan kulit setelah hanya 18 hari penggunaan.

Keratin adalah protein kompleks itu ermasuk asam amino, tembaga dan seng. Kompleks ini telah terbukti merangsang produksi sel dan serat baru.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa penggunaan krim kaya keratin adalah bagaimana menghasilkan protein kolagen dan elastin secara alami, komponen utama lain dari serat elastis kulit.

Karena krim keratin merangsang produksi sel-sel baru, itu meningkatkan ketebalan kulit, membuatnya lebih sulit rusak.

Manfaat protein kolagen

 

 

  • Membantu pencernaan

Kolagen membantu saluran pencernaan Anda sembuh dengan cepat. Selain itu, ini juga membantu tubuh Anda memperbaiki selaput lendir. Selain itu, proses pencernaan menjadi lebih mudah karena kolagen memecah lemak dan protein dari makanan. Untuk mendapatkan manfaat ini, yang harus Anda lakukan adalah menambahkan satu sendok peptida kolagen berkualitas ke minuman Anda. Ini akan membantu meningkatkan penyerapan protein dan produksi asam klorida.

 

  • Kesehatan Kulit

Menurut beberapa dokter, kolagen adalah produk yang membantu Anda melawan proses penuaan. itu meningkatkan elastisitas dan regenerasi sel-sel kulit. Pertama, benda ini terdiri dari asam amino, glisin, hidroksiprolin dan alanin. Menurut para ahli, asam amino ini membantu melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa itu membantu menjaga kesehatan kulit Anda, meningkatkan hidrasi, kelembutan kulit dan fleksibilitas kulit.

 

  • Penurunan berat badan

Jika Anda mencari sumber protein yang baik, dapatkan protein kolagen. Studi menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi peptida kolagen saat sarapan, Anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Jika Anda ingin memulai kembali upaya Anda untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin ingin mengambil shake sarapan kolagen di pagi hari. Pilihan yang mudah adalah menggunakan produk ini dari Great Lakes di Amazon.

 

  • Kesehatan sendi dan tulang

Hal terbaik tentang kolagen adalah kolagen juga memperbaiki jaringan, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang parah. Relief ini mirip dengan lega yang Anda dapatkan saat mengonsumsi ibuprofen dan kortison.

Di sisi lain, glisin meningkatkan penyembuhan luka dan meningkatkan pemulihan. Studi lain menemukan bahwa 250 pasien osteoartritis mengalami kelegaan setelah mengonsumsi 10 g kolagen peptida murni setiap hari.

 

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

  • Apakah mengonsumsi suplemen kolagen benar-benar berhasil?

Ya, menambah dengan protein kolagen memberi tubuh Anda banyak nutrisi penting dan bahan pembangun yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang optimal. Berbagai asam amino yang terkandung dalam protein kolagen telah ditunjukkan untuk membantu mendukung kesehatan usus, kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan sendi dan tulang, serta banyak sistem lain di seluruh tubuh.

 

  • Apakah aman mengonsumsi suplemen kolagen?

Ya, penelitian telah menunjukkan bahwa kolagen aman dan efektif, dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan.

 

  • Apa efek samping dari mengonsumsi kolagen?

 Secara keseluruhan, kolagen menghasilkan sangat sedikit atau tidak ada efek samping bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami beberapa efek samping seperti masalah pencernaan, mulas, rasa tidak enak di mulut, dan perasaan kenyang.

 

  • Berapa banyak kolagen yang harus Anda miliki sehari?

 Dianjurkan untuk mengonsumsi antara 8-30 gram protein kolagen per hari. Kisaran ini telah terbukti membantu meningkatkan kadar prolin dan glisin dalam aliran darah dan menghasilkan manfaat untuk kesehatan usus serta untuk rambut, kulit, dan kuku Anda.

 

  • Kapan saya harus mengonsumsi kolagen?

Kolagen paling efektif jika dikonsumsi dengan perut kosong, jadi disarankan untuk meminumnya di pagi hari sebelum makan. Ini membantu tubuh Anda memecah protein dan memaksimalkan penyerapan dan asimilasi. Waktu terbaik berikutnya adalah kapan saja sepanjang hari beberapa jam setelah makan terakhir Anda.

 

  • Apakah saya harus mengonsumsi kolagen dengan perut kosong?

Tidak, Anda tidak perlu mengonsumsi kolagen saat perut kosong. Namun, mengonsumsi kolagen saat perut kosong akan menghasilkan hasil yang lebih besar.

 

  • Bisakah Anda mendapatkan terlalu banyak kolagen?

Ya, mengambil terlalu banyak kolagen atau protein lain untuk jangka waktu yang lama bisa jadi sulit bagi tubuh dan dapat menyebabkan kulit Anda meregang, menebal, dan mengeras. Juga, jika Anda menderita skleroderma atau ginjal yang rusak, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak kolagen, atau protein secara umum. Yang terbaik adalah tetap pada jumlah yang disarankan pada paket dan tidak berlebihan.

 

  • Berapa lama untuk kolagen untuk mulai bekerja?

Beberapa orang mungkin mulai mengalami beberapa manfaat dari kolagen pada hari pertama. Namun, bagi kebanyakan orang, akan membutuhkan waktu antara dua minggu dan dua bulan untuk merasakan efek penuh dari penambahan kolagen ke dalam makanan Anda.

 

  • Pada umur berapa Anda harus mulai mengonsumsi kolagen?

 Anda dapat mulai mengonsumsi kolagen pada usia berapa pun. Namun, itu menjadi lebih efektif setelah usia 25, yaitu ketika produksi alami kolagen mulai menurun bagi kebanyakan orang.

 

  • Apakah kolagen baik untuk penglihatan?

Belum sepenuhnya dipahami jika kolagen dapat meningkatkan penglihatan. Namun, protein kolagen memang memberi tubuh Anda blok bangunan dasar yang dibutuhkan untuk mendukung struktur mata dan dapat meningkatkan kesehatan mata secara umum.